Sabtu, 25 Desember 2010

Hemat BBM Yuk!

Menjelang adanya Program pembatasan BBM (bahan bakar minyak) bersubsidi, tentunya siapa pun akan berfikir bagaimana caranya untuk menghemat BBM. Ada beberapa tips untuk  menghemat BBM, antara lain :
  1. Jangan terlalu lama memanaskan mesin kendaraan. Idealnya mesin kendaraan dipanaskan kurang lebih 15 s/d 30 menit. 
  2. Jangan terlalu sering memainkan gas kendaraan Anda. Maksudnya disini adalah menekan & melepaskan pedal gas terlalu sering . Karena kalo secara teknis itu sama artinya setiap kita menekan pedal gas dengan / cenderung menghentak maka  pompa akselerasi pada karburator akan menyemprotkan minyak ke mesin pada kendaraan yang menggunakan karburator atau injector menyemprotkan bensin secara simultan (bersamaan) ke ruang bakar mesin pada kendaraan yang memakai sistem injeksi
  3. Jaga tekanan ban agar sesuai dengan standarisasi pabrik. karena kalo ban kempes  napak permukaan ban lebih banyak ke jalan yang menyebabkan tahanan menjadi lebih besar, selain itu kalo ban kempes sama artinya diameter roda lebih kecil sehingga memerlukan putaran mesin lebih banyak untuk menempuh jarak tertentu.
  4. Jaga kecepatan konstan saat melaju di jalanan.dijelaskan pada poin 2.
  5. Matikan mesin kendaraan ketika menunggu lama, dan untuk kendaraan dengan transmisi automatic saat macet pastikan transmisi di posisi “N / Netral”.Karena jika tetap pada posisi "D" & hanya menekan rem maka mesin agak berat dan sistem injeksi akan mempertahankan kestabilan putaran mesin dengan menambah waktu penginjeksian , sehingga bahan bakar yg disemprotkan  ke mesin menjadi lebih banyak.
  6. Turunkan barang-barang yang tidak diperlukan agar tidak membebani mobil.sudah tentu berat Boss.
  7. Pastikan melakukan perawatan berkala tiap kilometernya di bengkel kepercayaan Anda. sangat jelas kalo apapun yg nggak pernah dirawat akan mempercepat timbulnya masalah,betul tidak bossss..?

1 komentar:

  1. gan, dimana bisa beli filter rahasia yg ada di inlet injektsi pump, punya kuda ku bolong filter rokoknya.terima kasih petunjuknya.

    BalasHapus