Senin, 13 Desember 2010

Agar lampu mobil menyala lebih terang

Pada saat mengemudikan  mobil di malam hari kadang kita merasa bahwa nyala lampu mobil  kurang terang, ini akan bertambah parah apalagi kalo kondisi hujan. Pandangan ke depan akan sedikit terganggu akibat nyala lampu kurang terang. Hal ini biasa terjadi pada mobil yang masih  menggunakan lampu depan standar (Lampu pijar konvensional) , dan cara yang lebih baik  untuk mengatasi masalah ini tentunya dengan mengganti bola lampun depan dengan lampu Halogen. Dan cara terbaik tentunya dengan menggunakan teknologi terbaru yaitu
dengan aplikasi Lampu HID,namun fokus saya disini tidak membahas itu.

Apa yang dimaksud dengan  Lampu Halogen?
Disebut Lampu Halogen karena terdapat campuran gas  yang digunakan untuk mengisi kaca halogen (ditambah kripton, argon dan / atau nitrogen). Filamen dalam bola lampu halogen lebih tipis dan lebih panas, campuran gas ini mencegah terbakarnya filamen .
Lampu halogen sekitar 40% lebih terang dari lampu pijar konvensional (ini hanya kisaran,agar lebih mudah dibayangkan),sinarnya lebih putih, yang juga membantu visibilitas / pandangan.

Aplikasi lampu Halogen,
Ukuran bola lampu mobil standar biasanya 12V60/55W (pernah liat dilampu sperti ini kan?), ini artinya bola lampu tersebut memerlukan tegangan(Voltase/Voltage) sebesar 12volt ,dengan Daya(Watt) sebesar 60watt untuk lampu jauh / dimm , dan 55watt untuk lampu dekat / pendek.ini sama dengan lampu ini membutuhkan suplai arus( Ampere) sebesar 5 ampere.

Ada dua alternatif jika ingin mengganti dengan Lampu Halogen,yaitu:

1.Ganti dengan Lampu Halogen dengan spesifikasi yang sama ( 12V60/55W), kelebihannya ruang dalam batok lampu tidak terlalu panas sehingga  lapisan kaca yang berfungsi memantulkan sinar lampu ke jalan tidak cepat terbakar.kekurangannya nyala lampu tidak seterang dengan menggunakan lampu halogen 12V100/90W.   

2.Ganti dengan Lampu Halogen dengan spesifikasi 12V100/90W, kelebihannya nyalanya lebih terang / maksimal daripada Lampu Halogen 12V60/55W. Kekurangannya hawa panas ruang dalam batok lampu  berlebih sehingga pada beberapa unit lampu kepala terkadang ada bekas seperti terbakar (biasanya Unit lampu kepala dengan kualitas rendah/imitasi).
Untuk pemasangan lampu Halogen ini perlu sedikit tambahan , yaitu ditambah dengan  pemasangan Relay lampu. Ini dimaksudkan agar Switch lampu,kabel standar,sekring  lampu standar dan sebagainya  komponen yang berkaitan dengan lampu standar tidak menjadi terbakar apabila menggunakan lampu Halogen 100/90W, karena arus yang diperlukan untuk Halogen ini kurang lebih 8,5 Ampere ( semakin besar arus mengakibatkan kontak/hubungan/sambungan yang tidak terlalu kuat menjadi lebih panas).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar